Iman Panglima Darma

...

Jumat, 31 Agustus 2012

Google-Apple Lakukan Pembicaraan Rahasia Terkait Paten

Google Apple
Dua petinggi raksasa teknologi, Google dan Apple, dilaporkan telah melakukan pembicaraan ‘di balik layar’ terkait berbagai hal menyangkut kekayaan intelektual, termasuk sengketa patan mobile yang terjadi di kedua perusahaan itu.
Percakapan yang terjadi antara kedua CEO perusahaan itu, yakni Larry Page dan Tim Cook menurut sumber anonim seperti dilansir Reuters terjadi pekan lalu. Selain pembicaraan orang nomor satu di kedua perusahaan, diskusi yang melibatkan pejabat di tingkat bawah di antara keduanya juga disebut-sebut tengah berlangsung.
Menurut sumber tadi, kedua CEO tersebut diharapkan untuk mengadakan pembicaraan kembali dalam beberapa minggu mendatang, walaupun kapan pembicaraan tersebut akan berlangsung belum ditetapkan oleh perusahaan itu.
Baik Google maupun Apple dilaporkan sedang menjaga jalur komunikasi terbuka tingkat tinggi, yang dilatarbelakangi atas kemenangan Apple dalam kasus pelanggaran paten oleh rivalnya, Samsung, sebagai pengguna sistem operasi Android besutan Google.
Samsung pada hari Jumat pekan lalu telah diputus bersalah oleh pengadilan karena melanggar paten Apple. Dampak dari putusan tersebut, Samsung selain diharuskan membayar ganti rugi sebesar 1,05 miliar USD kepada Apple, beberapa perangkat hasil produksinya pun terancam dilarang penjualannya. Hal itu pun secara luas telah dipandang oleh sebagian pihak sebagai ‘perang tanding’ antara Google dan Apple.
Terkait dengan itu, sumber anonim tadi berspekulasi bahwa salah satu skenario yang mungkin dipertimbangkan bisa berupa ‘genjatan senjata’ yang melibatkan sengketa atas sistem operasi Android, meskipun belum jelas apakah pembicaraan kedua CEO akan menghasilkan penyelesaian yang luas atau terbatas.
Pesaingan Google dan Apple telah memanas dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan pergeseran perangkat PC ke perangkat mobile. Sistem operasi Android yang dikecam oleh Steve Jobs sebagai ‘produk curian’ kini telah menjadi sistem operasi mobile nomor satu dunia. Ironisnya, popularitas sistem operasi tersebut justru beriringan dengan gugatan paten yang melibatkan sejumlah vendor perangkat keras yang menggunakannya, termasuk Samsung dan HTC.

0 komentar:

Posting Komentar